Kategori

agama (3) artikel (4) bandung (6) indonesia (4) informasi (7) jurnalisme (2) know (13) Lowongan (3)
Let Me Tell
free counters

Minggu, 13 Januari 2013

Buat Sendiri Huruf (Font) Anda!

Berbagai font atau huruf memang bayak tersedia di komputer anda dan lebih banyak lagi di internet, tapi terkadang mungkin anda kesulitan mencari jenis font yang sesuai dengan kehendak hati. Hmmm, oia  bagaimana kalo buat saja sendiri huruf ekslusif anda sendiri, pasti akan menarik bukan? berikut ini adalah caranya:


Apa yang dibutuhkan?

Sebuah scanner kalo punya dan salinan perangkat lunak desain profesional (desain huruf), tapi kedua hal tersebut sifatnya opsional kok :) . Yang terpenting anda akan membutuhkan perangkat lunak grafis (seperti Photoshop atau GIMP ) dan vektor perangkat lunak grafis ( Illustrator atau Inkscape ). Atau anda dapat menggunakan software Fontmaking berbayar seperti FontLab Studio ($ 650), Fontographer ($ 350), atau kalau untuk yang gratisan ada FontForge (gratis).

Langkah-langkah

Langkah 1. Tentukan apakah Anda ingin membuat alfabet murni dalam bentuk digital atau anda ingin menggunakan media tradisional (pena dan kertas) untuk kemudian menjadikannya sebagai huruf khas anda? Jika yang pertama, lanjutkan ke Langkah 5.
 

Langkah 2. Tulislah alfabet dengan spidol hitam pada selembar kertas putih. Ingat, itu bisa menjadi font dingbat - jika Anda tidak ingin menggunakan huruf, itu OK. Dan bahkan jika Anda melakukan alfabet biasa, jangan ragu untuk membuang beberapa  dingbats  di sana sesuai keperluan anda.
Secara tradisional, fontmakers mulai dengan HAMBURGEVONS huruf dan beradaptasi mereka untuk menyelesaikan semua alfabetnya. Misalnya, E dapat dengan mudah dikonversi menjadi F. Jangan lupa karakter aksen, tanda baca dan angka!

Langkah 3. Pindai (scanlah) font yang telah anda buat tadi. Saya sarankan agar menggunakan format grayscale atau bitmap, setidaknya 300 DPI dan zoom 200%. Bersihkan di Photoshop atau GIMP.
 
Langkah 4. Mengkonversi bentuk untuk grafis vektor. Cara termudah untuk melakukannya adalah menggunakan Object> fitur Live Trace di Illustrator CS2 atau lebih tinggi. Dalam versi Photoshop, Anda dapat menggunakan Magic Wand untuk membuat jalan di sekitar surat dan Ekspor Jalan Menuju Illustrator.
Jika Anda adalah seorang perfeksionis atau memiliki banyak waktu, Anda dapat menggunakan fitur Jalan di Photoshop untuk menggambar kurva di sekitar huruf menggunakan alat Pen. Ini menghasilkan hasil yang jernih. 
Perhatikan bahwa ada plugin untuk ScanFont FontLab disebut yang mengubah bentuk raster dengan kurva.

Langkah 5. Buka font yang Anda desain pada program dan vektor kemudian cut and paste dari Illustrator di / Inkscape.
Jika Anda telah memilih untuk melewatkan langkah-langkah awal dan desain eksklusif di FontLab atau Fontographer, Anda harus menggambar kurva Bézier menggunakan tangan. Ini jauh lebih sulit, tetapi juga sangat cepat.
 
Langkah 6.  "A" dan "V" bisa lebih dekat satu sama lain daripada, misalnya, sebuah "O" dan "R". Setiap font yang berbeda dan biasanya Anda memiliki eksperimen dan menemukan jarak yang tepat.
 
Langkah 7. Ekspor tipografi. Biasanya Anda memiliki pilihan untuk memilih salah satu dari format font yang beragam. "OpenType" adalah pilihan populer - Ini adalah standar industri de facto dan file akan bekerja pada Mac, Linux atau platform Windows. Format lama seperti TrueType biasanya bekerja hanya pada satu platform.
 
Langkah 8. Dan terakhir Instal font anda!

OK selamat mencoba :)

source http://howto.wired.com/wiki/Create_Your_Own_Font
 

1 komentar

Fahmi Zubaidy 9 September 2017 pukul 22.11

dimana saya bisa temuin org yg bisa membuat font, saya ingin membelinya.

StarMedia
081260869389

Posting Komentar

Iklan

Search and download it!

Berita terkini

wibiya widget